30/01/11

Fungsi spike (kaki) pada speaker

 Pada saat driver (woofer, mid atau tweeter) bergetar untuk menghasilkan bunyi, maka akan menimbulkan reaksi dari lingkungan sekitarnya, terutama dari box speaker, dengan bergetar pula yang disebut resonansi. Hal ini harus dihindari sebisa mungkin, karena getaran yang terjadi akan merusak bunyi yang keluar dari driver. Itu sebab, salah satu cara sederhana untuk mengetahui apakah speaker itu dibuat dengan baik atau tidak adalah dengan meraba dinding box speaker pada waktu speaker dibunyikan, setidaknya dalam level volume dengar yang normal, semakin minimal getaran yang terjadi, semakin baik, ini indikasi awal.

Kenapa diperlukan spike? Spike disini fungsi utamanya adalah meminimalkan bidang kontak antara speaker dengan lantai (pada box floorstand) atau bidang kontak antara speaker dengan speaker stand (pada box bookshelf dengan stand speaker). Kenapa harus diminimalkan? Supaya getaran yang terjadi tidak diteruskan ke lantai atau ke stand speaker, yang kemudian juga diteruskan ke lantai, dsb.

Banyak cara dan trik sederhana untuk melakukan hal ini. Yang murah dan mudah diantaranya adalah dengan menggunakan kaki karet kursi yang banyak dijual di supermarket. Atau bisa juga dengan bola bekel yang dibelah dua. Atau bisa juga dengan kelereng yang ditaruh dengan lilin mainan (sebutan umumnya, ‘malam’, yang utk mainan anak-anak), maksudnya supaya kelerengnya tidak bergeser saja, dan yang kontak jadi hanya 2 titik saja, di atas dan bawah kelereng tsb. Kalau anda mau beli, accessories high-end yang khusus utk aplikasi ini juga banyak tersedia.

Posisi peletakan spike juga bermacam2, ada yang formasi segitiga/triangle, ada yang formasi segiempat .
Spike ini sangat berperan dalam memberikan image bunyi yang lebih baik. Kesan posisi tiap instrumen, kedalaman panggung, akan lebih nyata dengan penggunaan spike.

Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Skema Subwoofer Lapangan 18" - Bass Reflek

Skema Subwoofer Lapangan 18" model bass reflek. Berikut ini skema-skema Subwoofer untuk outdoor, yang belum pernah nyoba, silah dicoba....