10/02/11

Ported, sealed atau bandpass?

Speaker enclosure, tidak ada yang all in one !
Pertimbangan lainnya dalam memilih speaker multimedia adalah model enclosure dari speaker.
Menyambung penjelasan sebelumnya mengenai jenis konus speaker dan pengaruhnya terhadap karakter tertentu, maka posting kali ini membahas tentang pengaruh enclosure terhadap karakter nada-nada tertentu dalam musik.
Semestinya ada lebih dari 2 jenis enclosure/box speaker tapi yang akan kita bahas hanya 3 saja karena hanya 2 jenis ini yang umumnya di anut oleh speaker multimedia, yaitu :

Sealed enclosure




Seperti tampak pada contoh gambar diatas, model sealed mensyaratkan kotak yang tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang dapat keluar masuk ke bagian dalam kotak speaker. Speaker dengan model sealed biasanya memiliki kelebihan yaitu bass yang dalam, bulat serta punya efek boomy yang kecil, tetapi hal ini hanya bisa diperoleh bila perhitungan enclosurenya sendiri memang benar-benar tepat, bila perhitungannya salah maka nada rendah yang dihasilkannya akan cacat dan tidak nyaman untuk didengarkan.
Mengapa bisa demikian ?
Sealed type mengandalkan resonansi udara yang ada didalam box speaker sebagai sebuah “piston udara”. Dan karena kuantitas udara yang ada di dalam box cenderung untuk tidak berubah maka tingkat kekuatannya juga terbatas sehingga sealed type tidak cocok untuk aplikasi high sound decibel (high SPL). Tetapi akan menjadi pilihan yang sangat baik untuk mendapatkan suara yang detil karena bass yang tereproduksi cenderung akurat dan amplifikasinya tidak berlebihan.
Aplikasi yang sesuai : Musik yang bergenre bass dalam, butuh detail dan akurasi.

Ported enclosure



Kebalikan dari sealed type adalah ported. Disini box speaker sengaja dilubangi untuk menciptakan sebuah resonator yang bersifat dinamis, jadi tidak seperti sealed yang memiliki volume udara di dalam box yang konstan maka ported speaker memiliki volume resonator yang akan berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dari speaker itu sendiri dan mengikuti dinamika dari sebuah music. Karakter nada rendah dari Ported speaker adalah ; berat, pendek dan cepat sehingga sangat cocok untuk yang membutuhkan efek bass yang keras dan cepat. Kekurangan dari ported speaker adalah cacat bass akan muncul bisa perhitungan dan desain dari lubang resonatornya tidak tepat.
Aplikasi yang sesuai : Musik dengan bass cepat dan berat, Film serta game

Bandpass enclosure



Type yang paling banyak dianut oleh box woofer dari speaker multi media. Gabungan dari sealed dan ported type. Box type ini umumnya punya range frekwensi yang sempit kisarannya hanya sampai beberapa puluh Hz saja namun punya kelebihan mampu memboost nada rendah yang masuk dalam rangenya hingga beberapa dB lebih tinggi ketimbang sealed maupun ported.
Dengan kelebihan ini semestinya bandpass box memiliki nada bass yang paling dominan dibandingkan kedua model lainnya. Namun sayangnya pada speaker-speaker value, pemilihan driver speaker serta amplifiernya umumnya tidak tepat sehingga nada rendah yang direproduksinya cenderung untuk terdistorsi dan cacat.::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Skema Subwoofer Lapangan 18" - Bass Reflek

Skema Subwoofer Lapangan 18" model bass reflek. Berikut ini skema-skema Subwoofer untuk outdoor, yang belum pernah nyoba, silah dicoba....